Berbagai Macam Sistem Operasi

Saat ini banyak berbagai macam sistem operasi, sistem operasi yang telah ada saat ini memiliki kelebihan dan kelemahannya

   1. Microsoft Windows 

Kelebihan Microsoft Windows :

a. User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain

b. Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain

c. Banyak software berbasis Windows

d. Dukungan driver yang lebih banyak Banyak orang memakai Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunaka dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.

e. Banyak didukung oleh vendor Hardware dan Software.

Kelemahan Microsoft Windows :

a. Harga licensi mahal
b. Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
c. Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
d. Sistem yang kurang stabil
e. Ada banyak versi sehingga kalau mau yang powerfull harus bayar lebih mahal.


2. Linux 

Kelebihan Linux :

a. Linux bisa berinteraksi dengan operating system lain dengan cara: kompabilitas file system, kompabilitas network, dan simulasi operating system

b. Virtual memory linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program-program yang lebih dari seharusnya karena penggunaan swap memori

c. Skalabilitas artinya linux bisa berjalan dari komputer 286 xt sampai dengan mesin sebesar beowulf cluster dengan multi prosesor 16 buah

d. Didukung oleh ribuan programmer di seluruh dunia, jadi kalau di temukan bug cepat untuk mendapat solusinya, bahkan dalam hitungan jam kalau di temukan bug, workaround sudah tersedia untuk di download.

e. Paket Linux merupakan satu kesatuan artinya saat instalasi tergantung keinginan pemakai.

f. Sudah mulai banyak didukung oleh vendor hardware maupun software dunia meskipun masih kalah dengan windows.

Kelemahan Linux :

a. Operating system yang agak sulit untuk dipelajari terutama bagi yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat

b. Aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows

c. Operating system yang tidak sepenuhya GUI (Graphical User Interface) meskipun sudah menggunakan x-windows seperti GNOME dan KDE

d. Nama-nama paket program antara distro satu dengan distro lainnya berbeda beda. Seperti paket Yaz.tar.gz.rpm.krpm.deb dan lain-lain.


3. Mac OS 

Kelebihan Mac OS :

a. Mac OS Tidak mudah terkena virus. Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware. Namun tidak juga akan memperlambat Anda dengan peringatan keamanan konstan dan interupsi lainnya.

b. High Performance. Khususnya pada Mac OS X - dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac - dengan kecepatan yang menakjubkan.

c. User-friendly.Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.

Kelemahan Mac OS :

a. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk    membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.

b. Software di Mac OS tidak begitu lengkap. Pengaruh dominansi Microsoft Windows selama bertahun-  tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru. Dasar pemikiran yang sama juga menjadi alasan melimpahnya aplikasi terbaru dengan system requirement Windows.

c. Biayanya Mahal.

d. Hanya berguna untuk graphic designer.

e. Tidak dapat digunakan dalam waktu bersamaan.
f. Softwarenya tidak lengkap dan tidak cocok bermain game karena tampilannya kurang bagus.


4. Android 

Kelebihan Android :

a. Android bersifat terbuka, karena berbasis linux yang memang open source jadi bisa dikembangkan oleh siapa saja

b. Akses mudah ke Android App Market : Pemilik android adalah orang yang gemar utak atik handphone, dengan Google Android App Market anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis

c. Fasilitas penuh USB. Anda bisa mengganti baterai, mass storage, diskdrive, dan USB tethering

d. Mudah dalam hal notifikasi : sistem operasi ini bisa memberitahukan Anda tentang adanya SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. Bahkan anda tidak akan terlewat dalam hal misscall sekalipun

e. Mendukung semua layanan Google : sistem operasi Android mendukung semua layanan dari google mulai dari Gmail sampai Google reader. semua layanan google bisa anda miliki dengan satu sistem operasi yaitu Android

Kelemahan Android :

a. Terhubung dengan internet : Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS di daerah anda, agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan kita.

b. Android Market kurang kontrol dari pengelola, kadang masih terdapat malware.

c. Kadang sering terdapat iklan : karena mudah dan gratis, kadang sering diboncengi iklan. Secara tampilan memang tidak mengganggu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada di bagian atas atau bawah aplikasi.

d. Boros Baterai, android lebih boros dibandingkan dengan OS yang lain. hal ini karena memang OS ini banyak “process” di background yang mengakibatkan baterai cepat habis.



5. Symbian OS 

Kelebihan Symbian OS :

a. Cara penggunaannya yang mudah
b. Mudah dimasukkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga (.sis, .jar), seperti aplikasi video, music, game, utility, dan masih banyak lagi.

Kelemahan Symbian OS :

a. Dikarenakan symbian merupakan system operasi terbuka, maka sangat rentan terhadap virus.
b. Jika terlalu banyak lagu, gambar, atau video diakses bersamaan, seringkali handphone mengalami hang.
c. Diperlukan memori card yang besar jika ingin menginstal banyak aplikasi



6.BlackBerry OS 

Kelebihan BlackBerry OS :

a. System full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data-data penting Ketika mengganti unit blackberry baru.

b. fungsi search sangat powerfull untuk menemukan di field manapun dari nama, subject bahkan content, sehingga membantu kita menemukan hal yang kita cari.

c. profile pada blackberry sangat flexible, untuk setiap account email, sms,mms,phone,facebook dlsb dapat diatur ringtone/vibrate dan led signnya

d. BBM (Blackberry Messenger) yang mampu membuat chatting kita nyaman dengan tidak hanya menyediakan fungsi chatt type, namun juga send type dan rekaman sebesar 10Kb – membantu sekali saat sedang tidak bisa mengetik pesan dan tinggal merekam ucapan sekitar 5 Detik dan mengirimkan kepada lawan chatt kita. Pada fungsi baru di OS versi 5.0 bahkan terintegrasi dengan fungsi SMS dan dapat mengirimkan pesan lokasi dlsb.

e. Dengan mengaktifkan fungsi password, dan jika terjadi kehilangan terhadap blackberry, pencuri yang salah memasukan password akan menghapus seluruh data (wipe) di blackberry anda-sehingga data penting anda tidak gampang diambil.

f. feature firewallnya,sangat effective dalam memblock sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.

Kelemahan BlackBerry OS:

a. Pada blackberry qwerty,spell check yang membantu pengecheckan kesalahan ketik HANYA dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan.

b. Seluruh 3rd party software terinstall bersama pada memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) blackberry yang terbatas, tidak banyak software 3rd party yang dapat diinstall (terutama pada blackberry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card – saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM).

c. Software 3rd party yang terinstall tidak otomatis terbackup saat kita melakukan backup, harus dilakukan trick khusus untuk membackup 3rd party software ini. kecuali anda bersedia menginstall kembali 3rd party software setelah anda melakukan upgrade/downgrade OS.

d. browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi untuk mengatasi masalah ini harus menggunakan 3rd party software.


7. Bada OS 

Kelebihan Bada OS :

a. Banyak game,aplikasi yang menjadi nilai tambah pada fitur yang sudah ada.
b. Kita bisa membuka banyak aplikasi yang kita instal/download sesuai format yang mndukung dengan hp kita


Kelemahan Bada OS :

a. Banyaknya aplikasi yang di-instal, hp jadi mudah lambat dapat memproses nya.



8. Palm OS 

Kelebihan Palm OS :

a. Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal, dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.

Kelemahan Palm OS :

a. tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori. Selain itu , perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm.



9. OS iOS 

Kelebihan OS iOS :

a. Sulit terserang virus
b. User friendly
c. Tampilannya menarik
d. Tersedia aplikasi yang bagus
e. Ukuran memori internal cukup besar
f. Multitasking
g. Navigasi mudah
h. Mendukung GPS

Kelemahan OS iOS :

a. Harga relatif mahal
b. Memori tidak dapat ditambah sesuai keinginan
c. Tampilan tidak dapat diubah
d. Kualitas suara speaker output kecil
e. Standar aplikasi pengembang sangat ketat
f. Tidak support flash (Safari Mobile)

10. UNIX 

Kelebihan UNIX :

a. Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java.
b. Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT.
c. Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis.

Kekurangan UNIX :

a. Harga sistem operasi komersial yang mahal.
b. Kecepatan inovasi Linux lama kelamaan mendesak sistem Unix komersial.
c. Penawaran sistem operasi Unix versi “hampir” gratis tak sebaik sistem operasi Unix komersial.
d. Driver hardware yang kurang menyenangkan pada versi “hampir” gratisnya.
e. Sedikit software untuk kantor.


11. Solaris 

Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS.Open Solaris memiliki banyak fitur yang menjadikan OpenSolaris bisa digunakan untuk skala penggunaan yang besar dari penggunaan untuk desktop pC atau Mobile PC. Konsep Open Solaris adalah sebagai berikut :

a. Free Redistribution : Didistribusi secara bebas.
b. Source Code : Sumber (Source) harus tersedia untuk semua distribusi.
c. Derived Works : Setiap orang bisa mengubah kode dan mendisrtibusikan kembali.
d. No Discrimination : Kode harus disediakan untuk seseorang untuk dikembagkan.
Kelebihan Solaris :

a. ZFS : System Restore
b. DTrace L : Dapat mengamati dimana aplikasi banyak menggunakan waktunya dan berapa lama.
c. Manajemen Kegagalan : Mencegah, mendiagnosa dan memperbaiki error.
d. Zona : Mengimplementasikan sebuah abstraksi Sistem Operasi yang memungkinkan beberapa aplikasi   berjalan secara terisolasi satu dengan lainnya di perangkat keras fisik yang sama.
e. Multimedia.

Kelemahan Solaris :

a. Harga sistem operasi komersil yang mahal (versi berbayar)
b. Driver hardware yang kurang baik pada versi “hampir” percuma



12.DOS 


Kelebihan DOS:

a. Pengoperasiannya mudah
b. Space (ruang yang bebas dalam hardisk) yang dibutuhkan DOS tidak terlelu besar
c. Tidak memerlukan memori yang besar
d. Kompatibel pada hamper semua jenis software dan hardware
Kelemahan DOS :

a. Mode operasinya dalam teks
b. Tidak kompatibel pada beberapa program yang beroperasi dalam mode grafis.

13. Free BSD 

FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.

Kelebihan FREE BSD :

a. Virus/Spyware yang menyerang sedikit
b. Banyak terserdia aplikasi dan program gratis
c. Relatif mudah dikustomisasi (diutak-atik) secara bebas
d. Multiuser
Kelemahan FREE BSD :

a. Relatif sulit penggunaannya, karena masih text base dalam meng-command
b. Dibandingkan Windows, GUI pada FreeBSD masih kurang
c. Bagi para gamers, game system operasi ini sangat sedikit



Sumber :http://felixander.blog.ugm.ac.id,  http://rifkiewahyuferriana.wordpress.com

              http://sufyan-doank.blogspot.com,  http://www.gadgeds.info

              http://10108137.blog.unikom.ac.id,   http://webakoey.blogspot.com

              http://galangromadhon.wordpress.com,   http://aripcupid.blog.ugm.ac.id

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Berbagai Macam Sistem Operasi ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 11 September 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Berbagai Macam Sistem Operasi
 

0 komentar:

Posting Komentar